Monday, 16 May 2016

Buang air kecil terkadang memang selalu datang secara tiba-tiba, Di tengah kesibukan, kita sering menahan untuk tidak berkemih dengan alasan ‘tanggung’ atau menahan pipis karena toilet kotor. Namun tanpa disadari hal sepele tersebut bila terlampau kita lakukan maka dapat menyebabkan masalah buat kita sendiri. Banyak bahaya yang dapat menyerang kesehatan kita secara mendadak jika kita sendiri tidak bisa menjaganya. Seringnya kita suka menahan buang air kecil ada kemungkinannya kita dapat terserang penyakit infeksi.

Mengingat betapa pentingnya fungsi dari buang air kecil, maka sebaiknya saat anda ingin buang air kecil jangan pernah ditahan. Jangan pernah anda menahan untuk membuang air kecil dalam waktu yang sangat lama dan sering. Hal ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh anda.

Apa saja bahaya nya ?

1. Menahan buang air kecil berarti menahan pembuangan kotoran dalam tubuh.

Bahaya menahan buang air kecil terlalu lama yang pertama adalah membiarkan kotoran berada di dalam tubuh lebih lama. Apabila anda menahan untuk membuang air kecil, artinya anda menunda dan menumpuk kotoran – kotoran sisa pencernaan di dalam tubuh anda. Hal ini berarti tubuh anda harus menyimpan kotoran lebih lama. Kotoran – kotoran tersebut mengandung banyak zat – zat yang berbahay bagi tubuh, yang amana akan menimbulkan infeksi apabila terlalu lama disimpan atau ditahan di dalam tubuh.

2. Dapat mengganggu proses pencernaan

Dengan menahan buang air kecil, maka secara langsung anda akan mengganggu dan merusak proses pencernaan yang terjadi di dalam diri anda. ketika proses pencernaan harusnya sudah selesai, namun tidak ditntaskan, maka hal tersebut dapat mengganggu proses pencernaan berikutnya. Proses pencernaan berikutnya bisa mengalami proses yang cukup maksimal dan tertunda karena anda belum membuang sisa hasil pencernaan sebelumnya.
3. Akan menimbulkan penyakit – penyakit dan infeksi pada organ pecernaan

Dengan menahan buang air kecil, maka anda akan ‘memperlancar’ tubuh anda untuk mengalami penyakit – penyakit yang berhubungan dengan organ pencernaan. Berikut ini beberapa penyakit organ pencernaan yang dapat terjadi ketika anda menahan untuk membuang air kecil :


  • Infeksi Pada Ginjal  Infeksi pada ginjal disebabkan oleh menumpuknya urin yang seharusnya dikeluarkan pada bagian ginjal. Infeksi pada ginjal dapat berpengaruh pada :
    • Siklus Pembuangan Urin
    • Pendarahan Ketika Melakukan Buang Air Kecil
    • Terjadinya Gagal Ginjal
  • Gagal Ginjal. Dengan menumpuknya kotoran yang berasal dari urin yang seharusnya dikeluarkan, maka ginjal akan mengalami kerusakan apabila menampung urin terlalu lama. Hal ini biasa disebut dengan istilah gagal ginjal. Apabila gagal ginjal sudah terjadi, maka :
    • Ginjal tidak mampu menyaring dan membuang kotoran – kotoran sisa pencernaan
    • Siklus pencernaan akan menjadi kacau dan semakin buruk
  • Batu Ginjal. Batu pada ginjal akan terbentuk ketika urin yang menumpuk pada bagian ginjal mulai menggumpal dan mengalami pengerasan. Pengerasan ini dapat terjadi, karena urine memiliki kandungan Kristal – Kristal garam, yang akan menggumpal dan mengeras ketika semakin bertambah banyak. Batu ginjal akan membuat terjadinya :
    • Infeksi pada ginjal
    • Rasa sakit dan perih pada saat melakukan buang air kecil
    • Sulit melakukan buang air kecil
    • Rasa nyeri pada bagian ulu hati

Laboratorium Global (GOLAB)


Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55



Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel



Telp: 0511-6743187







#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin



#pemeriksaanlabbanjarmasin 



#ceklabbanjarmasin 



#ceklaboratoriumbanjarmasin



#cekupbanjarmasin



#cekkesehatanbanjarmasin

#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal
#klinikglobalbanjarmasin
#klinikbpjs
#faskesbpjs
#klinikkemoterapikalimantan 
source : Halosehat 


0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB