Sunday, 29 May 2016

Kanker kelenjar getah bening merupakan salah satu jenis penyakit mematikan yang tentunya harus di waspadai oleh setiap orang. Kanker yang satu ini menyerang berbagai kalangan dengan beberapa penyebab. Penyakit jenis kanker kelenjar getah benih atau yang memiliki nama lain “limfoma” ini memiliki tingkat keganasan yang cukup tinggi, dimana kanker ini berkaitan pada sistem limfatik dalam tubuh. Sistem limfatik sendiri adalah bagian yang memiliki peranan yang sangat penting dalam tubuh, dimana fungsinya sebagai penjaga sistem kekebalan tubuh seseorang. Dengan sistem limfatik yang lemah, tentu saja tubuh akan mudah terserang berbagai penyakit yang salah satunya adalah tidak dapat lagi melawan bibit kanker dan infeksi dalam tubuh.

Untuk mencegah kanker kelenjar getah bening semakin waktu kian meningkat, maka dibutuhkan kiat-kiat pencegahan dan deteksi sejak dini, sehingga penderita bisa memperoleh penanganan dan pengobatan yang tepat sejak dini. 

Deteksi dini gejala kanker kelenjar getah bening dapat dilakukan dengan beberapa langkah:

1. Bagian tubuh yang sering dihinggapi penyakit mematikan ini adalah organ terdapat kelenjar limfa. Gejala yang terdeteksi di daerah ketiak atau leher mengalami pembesaran sejenis benjolan dan lama kelamaan akan mengalami pembengkakan. Tidak di dua area itu saja, tapi bisa juga menyerang daerah pangkal paha.

2. Sistem limfatik yang terserang oleh adanya kanker dapat menggerogoti tubuh penderita yang mengakibatkan berat badan mengalami penurunan drastis.

3. Penderita mengalami rasa kecapekan yang amat sangat tinggi, tidak seperti orang sehat lainnya. Rasa letih berlangsung lama.

4. Sistem pernapasan mengalami penyempitan pada bagian paru-paru sehingga menyebabkan batuk dan dada terasa sesak.

5. Di beberapa kasus, penderita diserang demam yang cukup tinggi tanpa ada penyebab pasti.
Sering mengalami keringat dingin pada malam hari.

6. Ciri lain pada awal-awal gejalanya adalah nafsu makan berkurang.

Diagnosa kanker kelenjar getah bening dapat dilakukan dengan beberapa langkah:

Di fase awal, penderita mungkin tidak begitu merasakan 7 gejala di atas, namun lama kelamaan akan muncul gejala yang lebih akut, terutama ketika penyakit sudah mencapai stadium 4.

  • Tes Fisi, dapat membantu mendeteksi penyakit ini secara dini; pemeriksaan lebih lanjut akan dilakukan pada organ limpa dan hati, untuk diagnosis pembengkakan.
  • Tes darah; data-data kuantitas dan kualitas darah melalui tes darah di laboratorium dapat membantu dokter menegakkan diagnosis dengan benar. Adanya limfoma bisa mengakibatkan kuantitas LDH (Lactate dehydrogenase) semakin meningkat
  • Pemeriksaan sinar X pada dada; untuk pemeriksaan lebih lanjut mengenai penyakit kelenjar getah bening, biasanya akan digunakan sinar X untuk mendeteksi di bagian dada.
Pendeteksian lebih dini gejala kanker kelenjar getah bening membantu mengurangi tingkat resiko meningkatnya stadium penyakit. Lakukan pencegahan sebelum Anda terkena penyakit kanker ganas ini. Salah satunya dengan rutin melakukan medical check up dilaboratorium dan selalu meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal
#klinikglobalbanjarmasin
#klinikbpjs
#faskesbpjs
#klinikkemoterapikalimantan

source: sehat alami
Ada banyak sekali penyebab pembengkakan kelenjar getah bening, yang paling sering adalah infeksi, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Namun, ada penyebab lain yang lebih mengerikan dan serius,

Bersumber dari: Jenis dan Ciri-Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening | Mediskus.com
Ada banyak sekali penyebab pembengkakan kelenjar getah bening, yang paling sering adalah infeksi, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Namun, ada penyebab lain yang lebih mengerikan dan serius,

Bersumber dari: Jenis dan Ciri-Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening | Mediskus.com

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB