Tuesday, 3 May 2016

http://cdn.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2016/04/25/698546/670x335/saat-akan-dilakukan-tes-urine-belasan-anggota-dprd-sukabumi-mangkir.jpg

Buang air kecil menjadi rutinitas yang dilakukan setiap harinya. Meski dianggap sebagai produk limbah tubuh, nyatanya urine digunakan dalam berbagai tes kesehatan. Tak banyak orang memperhatikan atau melihat warna air seni. Padahal, warna urin bisa menjadi indikator suatu penyakit.

Warna urine manusia yang bisa berbeda-beda setiap saat dapat dimanfaat kan untuk mendeteksi masalah kesehatan yang sedang kita alami.  Warna Urine dapat menunjukkan apakah anda dehidrasi (kekurangan cairan) atau tidak.

Berikut warna-warna urine dan artinya, seperti dilansir Healthmeup,  :

1. Kuning pucat
http://images.detik.com/content/2013/12/04/763/130129_urine1ts.jpg?w=500 

Ini adalah warna yang ideal. Jika Anda melihat warna urine kuning pucat atau hampir jernih itu berarti Anda terhidrasi dengan sangat baik dan tubuh berfungsi dengan cara yang seharusnya. Hal ini biasanya terjadi ketika seseorang minum banyak air.

Urine normal biasanya akan berwarna kuning pucat karena merupakan hasil ekskresi (pengeluaran) pigmen yang ditemukan dalam darah yang disebut urochrome.

2. Kuning
http://images.detik.com/content/2013/12/04/763/130150_urine2ts.jpg?w=500 

Jika Anda melihat warna urine lebih kuning dari biasanya, itu berarti tubuh tidak terhidrasi dengan baik. Ini bisa disebabkan oleh keringat berlebihan atau kurangnya hidrasi. Oleh karena itu, Anda harus minum lebih banyak cairan untuk menghindari dehidrasi.

3. Kuning tua

http://cdn.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2015/04/14/526775/670x335/yuk-cek-kesehatan-lewat-warna-urine.jpg
Karena asupan beberapa obat, urine bisa menjadi kuning tua atau kuning gelap. Jika Anda melihat warna ini, cari bantuan medis segera, karena itu adalah tanda dari masalah medis seperti gangguan hati dan hepatitis.

4. Merah atau pink

http://www.obatkencingberdarah.xyz/wp-content/uploads/2015/12/Caramengatasikencingberdarahsecaraalamipadapriadanwanita.jpg
Urine berwarna merah atau pink mungkin karena konsumsi makanan yang dibuat dengan pewarna merah alami seperti bit dan blackberry. Dalam istilah yang lebih serius, bisa menunjukkan adanya darah dalam urine. Penyebabnya bisa masalah dalam sistem kemih, batu ginjal, olahraga terlalu berat, yang dapat menyebabkan kerusakan sel-sel darah merah.

6. Oranye
 http://www.nutri-health.com/blog/wp-content/uploads/2015/02/urine-color.png

Obat yang digunakan untuk meredakan masalah kemih dapat menyebabkan urine berwarna oranye. Selain itu, konsumsi wortel atau jus wortel dapat memberikan semburat warna oranye pada urine Anda.

 7. Hijau
http://cdn.lifeinthefastlane.com/wp-content/uploads/2009/11/Green-Urine-008.jpg

Pewarna yang umum digunakan dalam obat-obatan yang terkait kemih dapat mengubah urine menjadi berwarna biru atau hijau. Urine berwarna biru atau hijau juga dapat dilihat karena konsumsi makanan yang dibuat dengan pewarna buatan atau jika Anda sudah makan banyak asparagus.

Bila warna urine anda kuning terang, itu menunjukkan anda cukup terhidrasi.  Sebaliknya semakin tua/pekat warna urine anda pertanda anda sangat kekurangan cairan. Rajin minum air putih akan membuat warna urine lebih transparan karena cukup air melarutkan pigmen kuning di dalamnya.

Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan timbulnya berbagai masalah kesehatan. Setiap organ didalam tubuh seperti lambung, ginjal, paru-paru, jantung, otak, hati dan lain-lain seharusnya memiliki kandungan air 65-80% air.  Jika tubuh kekurangan air/dehidrasi maka organ-organ ini akan menghisap kandungan air dari darah yang memiliki 90% kandungan air. Akibatnya darah akan mengental.  Darah yang mengental didalam sistem sirkulasi aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh dapat menyebabkan kerja jantung dan ginjal menjadi lebih berat, penyumbatan pembuluh darah, proses pencernaan terganggu, kakunya selaput-selaput organ seperti paru-paru dan lain-lain.

Jika anda gagal mensuplai cukup air ke dalam tubuh, maka dapat menimbulkan penyakit  seperti stroke, jantung, gagal ginjal, liver, diabetes, kanker dan lain-lain.

Cek selalu warna urine anda , jika warna urine anda tidak normal segera lakukan pemeriksaan laboratorium sebagai deteksi dini kesehatan anda.


Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal
#klinikglobalbanjarmasin
#klinikbpjs
#faskesbpjs
#klinikkemoterapikalimantan
 
source : dari berbagai sumber

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB