Tuesday, 24 May 2016

Tahukah anda seberapa pentingnya tes darah dilakukan untuk ibu hamil ? Serangkaian  tes darah saat hamil sangat penting dilakukan untuk mencegah hal-hal buruk yang mengancam ibu dan janin. Biasanya tes darah dilakukan saat usia kehamilan berkisar 10-12 minggu dan dilakukan lagi saat usia kehamilan 28 minggu. Tes ini bertujuan untuk mendeteksi jika terdapat kelainan yang perlu dilakukan pengobatan dan tindakan lebih lanjut.

Berikut adalah beberapa jenis tes darah yang diperlukan. 

1. Hematologi Lengkap
Tes ini diperlukan untuk mengetahui apakah hemoglobin dalam sel darah merah Ibu normal atau terlalu sedikit yang artinya pertanda anemia. Selain itu, jumlah darah putih dan platelet juga dihitung apakah jumlahnya normal atau mengalami peningkatan yang artinya ada indikasi bahwa Ibu mengalami infeksi.
  
2. Tes golongan darah, antibodi, dan faktor resus.
Tes golongan darah dilakukan untuk mengetahui apakah golongan darah Ibu adalah A, B, AB, atau O. Selain itu, darah Ibu juga akan diperiksa untuk mengetahui resus antibodi yang dapat berdampak pada janin, yaitu bila ibu dengan resus negatif mengandung bayi dengan resus positif.

3. Glukosa
Tujuannya untuk mengetahui apakah terjadi DMG (Diabetes Milletus Gestasional)/kencing manis dalam kehamilan. Glukosa puasa dilakukan bila terdapat risiko DMG pada trimester pertama atau saat pertama terdiagnosis hamil, atau pada usia 24-28 minggu bila tidak ada risiko DMG. 

4. Virus Hepatitis  
Virus hepatitis sangat potensial untuk ditularkan kepada janin di dalam kandungan, maka pemeriksaan laboratorium penting dilakukan selama kehamilan.

5. Urine (Urinalisa) 
Tujuan dari pemeriksaan laboratorium ini yaitu untuk mendeteksi infeksi saluran kemih dan kelainan lain di saluran kemih serta kelainan sistemik yang bermanifestasi di urine/air seni. Jika infeksi di saluran kemih tidak diobati, dapat menyebabkan kontraksi dan kelahiran prematur atau ketuban pecah dini. Tes ini dilakukan pada trimester pertama atau kedua kehamilan.

Jangan lupa, Ibu hamil dianjurkan untuk selalu meluangkan waktu melakukan pemeriksaan kandungan secara rutin.  Tes darah adalah salah satu langkah pencegahan masalah kandungan yang baik untuk dijadikan pertimbangan utama.  

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal
#klinikglobalbanjarmasin
#klinikbpjs
#faskesbpjs
#klinikkemoterapikalimantan 


Source : Dikutip dari berbagai sumber



 

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB