Thursday, 14 April 2016

 

Golongan darah merupakan label khusus darah dari setiap individu. Perbedaan golongan darah ini disebabkan karena jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membrane sel darah merah yang berbeda. Penentuan golongan darah tergantung dari jumlah zat (antigen) yang terkandung dalam sel darah merah.Golongan darah bukan hanya sebagai pelengkap untuk kartu identitas Anda saja seperti tercantum pada KTP atau SIM. Mengetahui jenis golongan darah itu sangat penting.
Contohnya saja ada orang lain yang sangat membutuhkan darah, nah sebagai langkah awal setidaknya anda mengetahui bahwa golongan darah anda sama dengan demikian Anda dapat mendonorkan darah Anda untuk membantu.  Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara golongan darah dan penyakit yang terjadi pada Anda.

Apa sih pentingnya kita tahu golongan darah ?

1. Memfasilitasi tranfusi darah

Tidak ada yang tahu kapan bencana datang. Misalnya,  Apabila Anda mengalami kecelakaan atau mengidap penyakit yang mengharuskan Anda mendapatkan transfusi darah dengan segera, maka dengan mengetahui jenis golongan darah Anda sendiri, secara tidak langsung akan sangat membantu penyembuhan. Pihak rumah sakit dapat segera bertindak karena telah mengetahui jenis golongan darah apa yang Anda perlukan.

2. Penting dalam tes DNA 

Mengetahui golongan darah dapat menjadi salah satu faktor penentu dalam keluarga. Misalnya saja sebelum Anda menikah, Anda perlu tahu apakah anda dapat memiliki bayi bersama pasangan Anda.
Beberapa ahli keluarga berencana mengatakan, beberapa jenis darah tidak boleh mengalami pencampuran. Pasangan yang memiliki jenis golongan darah  RH + ve dan RH-ve sangat mungkin untuk melahirkan anak-anak dengan masalah kesehatan. Oleh karena itu beberapa negara mensyaratkan Anda untuk melakukan tes darah bersama sebelum melakukan pernikahan.


3. Membantu diet tepat
Sudah banyak buku yang menjelaskan mengenai salah satu cara untuk melakukan diet sehat yaitu dengan mengkonsumsi makanan sesuai dengan jenis golongan darah. Cara ini secara tidak langsung ampuh dalam memantau diet yang Anda lakukan. Misalnya saja ada beberapa jenis darah tertentu yang lebih rentan terhadap penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung.
Bahkan, ada beberapa jenis darah yang hanya kompatibel dengan makanan vegetarian. Beberapa orang perlu untuk membatasi asupan karbohidrat karena
golongan darah mereka yang tidak sesuai.

 Bagaimana Cara mengetahui golongan darah ?

Untuk mengetahui golongan darah anda , Anda harus mengambil tes untuk golongan darah. Lakukan pemeriksaan golongan darah anda segera di Laboratorium Global (GOLAB).


Kunjungi kami di

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal
#klinikglobalbanjarmasin
#klinikbpjs
#faskesbpjs
#klinikkemoterapikalimantan


0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB