Wednesday, 6 April 2016


Kita Pasti sering mendengar istilah Kolesterol Baik dan Kolesterol jahat. Kita sering khawatir jika kadar kolesterol kita tinggi namun tidak semua jenis kolesterol perlu diwaspadai saat kadarnya meningkat. Kolesterol HDL justru baik jika kadarnya tinggi.  Kolesterol ini sering disebut sebagai kolesterol baik karena fungsinya yang bisa membersihkan kelebihan kolesterol jahat pada pembuluh arteri. HDL mencegah kolesterol mengendap di arteri dan melindungi pembuluh darah dari proses Aterosklerosis (terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah).

Walau terdengar umum, High-Density Lipoprotein (HDL) penting untuk kita ketahui, Kemajuan penelitian telah membawa perhatian lebih besar terhadap lipid (atau lemak) darah, Kolesterol “Baik” tidak mengacu pada kolesterol makanan yang kita makan, melainkan kolesterol high-density lipopretein (HDL) yang beredar dalam darah kita. HDL adalah salah satu lemak yang diukur dalam lipid panel tes darah yang dilakukan dokter. Komponen HDL inilah yang seharusnya kadarnya lebih tinggi, karena HDL yang lebih tinggi terkait dengan rendahnya risiko penyakit jantung. 
Para ahli dari  National Cholesterol Education Program (NCEP) mencatat walaupun LDL atau kolesterol “buruk” mendapat perhatian yang lebih besar, namun semakin banyak bukti bahwa HDL memegang peranan penting.

Tahu kah anda jika kolesterol HDL dapat mengurangi resiko jantung ?

Para ahli belum tahu dengan pasti bagaimana kolesterol HDL membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Namun ada muncul beberapa perkiraan bahwa kolerterol HDL yang tinggi dapat mengurangi resiko penyakit jantung seseorang. NCEP mengatakan bahwa kadar HDL yang tinggi dapat melindungi tubuh dari terbentuknya plak di dinding arteri (suatu proses yang biasa disebut atherogenesis).,hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian yang dilakukan pada hewan percobaan.

Sementara penelitian laboratorium menunjukkan bahwa HDL memicu hilangnya kolesterol dari sel yang ditemukan dalam plak atau luka di arteri. NCEP juga melaporkan “Studi terbaru menunjukkan bahwa sifat antioksidan dan anti-inflamasi dari HDL juga menghambat atherogenesis,” 

Bagaimana Kita meningkatkan Kolesterol HDL di tubuh kita ? 

1. Pilih lemak yang baik.
Menggantikan makanan yang mengandung lemak jenuh dengan lemak tak jenuh tunggal tak hanya dapat mengurangi kolesterol jahat, tetapi juga dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL). Makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal antara lain minyak kacang tanah, almon, kacang mete, zaitun, dan kedelai.

2. Kacang Kedelai
Kedelai dipercaya sebagai produk yang bisa menggantikan produk makanan hewani seperti susu, misalnya. Produk kedelai memiliki kandungan lemah jenuh yang rendah tetapi tinggi kandungan lemak tak jenuhnya. Produk kedelai juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Sebuah penelitian membuktikan bahwa protein kedelai dengan isoflavon di dalamnya bisa meningkatkan HDL sampai 3%, dan mengurangi risiko terserang penyakit jantung hingga 5%.

3. Berhenti Merokok
Para ahli setuju bahwa dengan menghentikan kebiasaan merokok dapat juga meningkatkan sedikit kadar HDL Anda.

4. Menurunkan berat badan
Para ahli percaya, tubuh yang kelebihan berat badan berkontribusi pada rendahnya tingkat HDL. Karena itu untuk meningkatkan HDL, ada baiknya mengurangi berat badan

5.Minum Jus Jeruk
Menurut sebuah penelitian kecil di Inggris, dengan minum tiga gelas jus jeruk sehari, Anda dapat meningkatkan kadar HDL sebesar 21%, walaupun memerlukan komitmen gizi yang cukup besar karena mengandung 330 kalori. Penelitian tersebut  menyoroti efek antioksidan tinggi dari buah-buahan dan sayuran. Tunggu hasil penelitian selanjutnya dalam tahun-tahun mendatang. 

6. Olahraga 
 Menurut banyak ahli kesehatan, dengan cukup giat berolahraga selama setidaknya 30 menit setiap hari dalam seminggu, merupakan resep olahraga yang dapat membantu meningkatkan kadar HDL Anda. 

Pantau selalu kadar kolesterol anda, pastikan kolesterol baik ditubuh anda Normal !! Lakukan check up rutin untuk mengetahui kadar kolesterol anda . !

Percayakan pemeriksaan medis anda di Golab! 
Tepat Diagnosa Tepat Obat Cepat Sehat

Laboratorium Global (GOLAB)

Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-3276533

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Golabbanjarmasin #Klinikglobal #klinikglobalbanjarmasin #klinikbpjs #faskesbpjs #klinikkemoterapikalimantan

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB