Wednesday, 27 April 2016


Hidup sehat jadi impian banyak orang. Agar tak gampang sakit tentu kita tentunya harus menjaga kondisi tubuh. Secara keseluruhan, sistem daya tahan tubuh (imun) kita melakukan tugas yang luar biasa dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme. Namun ada kalanya sistem tersebut gagal. sehingga microba berhasil menembus pertahanan tubuh dan membuat kita sakit.
Daya tahan tubuh adalah sebuah sistem –bukan proses tunggal,– yang berarti dipengaruhi oleh banyak faktor agar dapat berfungsi dengan baik. Lalu bisakah kita meningkatkan daya tahan tubuh agar lebih kuat? Untuk itu dibutuhkan suatu keseimbangan. Faktor gaya hidup seperti pola makan, olahraga, istirahat, stres, hingga suplemen yang masuk ke tubuh sangat mempengaruhi tingkat daya tahan tubuh.

Berikut tips meningkatkan kekebalan tubuh agar tak gampang sakit !

1. Istirahat yang cukup

Sebanyak 4 dari 10 orang sudah memulai tanda dan gejala akan jatuh sakit setelah 3 hari berturut-turut kurang istirahat. Daya tahan tubuh menurun saat tubuh kurang tidur. Layaknya sebuah mesin organ-organ tubuh manusia juga harus diistirahatkan. Penuhi kebutuhan istirahat dan tidur harian normal nya sebanyak 6-8 jam / hari untuk org dewasa.
 2. Tidur siang
Para dokter sepakat jika waktu tidur siang yang ideal adalah dari jam 1 siang hingga jam 3 sore karena pada waktu inilah tubuh seseorang sangat membutuhkan istirahat. Lagipula jika kurang tidur, tubuh akan mudah kehilangan sel-sel yang bertugas melawan penyakit, termasuk menyebabkan penumpukan kalsium di pembuluh darah serta membatasi produksi hormon pertumbuhan yang menurunkan kemampuan tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri.

3. Perbanyak makan buah dan sayur

Buah-buahan dan sayur sayuran mengandung  vitamin dan mineral penting lain nya yang berguna untuk tubuh. Sistem imunitas tubuh tetap terjaga apa lagi seperti zink dan kandungan vitamin c yang terdapat pada buah-buahan sangat berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan menjaga tubuh tetap sehat.
4. Hindari rokok
Rokok dapat mengganggu dasar sistem daya tahan tubuh, serta meningkatkan resiko banyak penyakit lainnya.

5. Jaga kebersihan diri dan lingkungan

Kebersihan merupakan faktor yang paling ber hubungan dengan daya tahan tubuh dan penyebab penyakit. Mandi teratur, cuci tangan sebelum makan itu termasuk salah satu cara membunuh kuman berbahaya. Selain itu. Kebersihan lingkungan didalam dan sekitar rumah juga harus diperhatikan
6. Perbanyak makan buah dan sayur

Buah-buahan dan sayur sayuran mengandung vitamin dan mineral penting lain nya yang berguna untuk tubuh. Sistem imunitas tubuh tetap terjaga apa lagi seperti zink dan kandungan vitamin c yang terdapat pada buah-buahan sangat berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan menjaga tubuh tetap sehat.
7. Olahraga
Gerak tubuh dan olahraga yang rutin setiap harinya akan meningkatkan metabolisme tubuh secara umum, membantu menjaga kebugaran tubuh, serta memperkuat sistem pertahanan tubuh dari serangan penyakit.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh dengan imunisasi atau vaksin

Imunisasi merupakan salah satu hal penting yang bertujuan untuk mencegah penyakit. ada beberapa macam imunisasi dasar yang harus di terima oleh anak untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar tubuh tidak sakit. Selain itu sekarang ini sudah tersedia beberapa jenis vaksin penting yang diberikan pada orang dewasa cantohnya hepatitis dan vaksin HPV yang berfungsi untuk mencegah kanker serviks
Untuk dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh , Anda harus menerapkan pola hidup sehat selain itu tes kesehatan rutin juga akan membantu anda untuk dapat memantau kondisi kesehatan anda. Lakukan Medical check up secara rutin di laboratorium global.

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal
#klinikglobalbanjarmasin
#klinikbpjs
#faskesbpjs
#klinikkemoterapikalimantan
 

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB