Friday, 22 April 2016

Minuman bersoda sekarang menjadi salah satu minuman yang sering kita konsumsi selain air putih, selain beraneka rasa minuman bersoda jua menimbulkan sensasi yang segar. Tapi tahukah anda bahwa mengkonsumsi minuman bersoda menimbulkan dampak negatif bagi tubuh kita ? Mungkin sekarang banyak yang tidak peduli dari dampak minuman ini , namun beberapa ilmuwan telah membuktikan bahwa mengkonsumsi minuman bersoda secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan tubuh manusia. 

Berikut adalah dampak mengkonsumsi minuman bersoda :
1. Meningkatkan resiko Kanker Prostat 
 Mari kita lihat menurut pendapat salah satu ilimuwan swedia ditahun 2012 menyebutkan bahwa minum satu gelas minuman bersoda sudah bisa menimbulkan terkenanya kanker postat sekitar 40 persen.

2. Meningkatkan resiko Diabetes
Selain itu minuman bersoda juga dapat meningkatkan resiko anda terkena penyakit diabetes, Penderita diabetes sangat tidak di perbolehkan mengkonsumsi minuman bersoda. Minuman bersoda mengandung banyak sekali gula ,  Satu kaleng soda mengandung 10 sdt gula. Dengan banyaknya kandungan gula tersebut dapat membuat gula darah meningkat dengan cepat dan menyebabkan reaksi insulin dalam tubuh.  Seiring berjalannya waktu, hal tersebut dapat menyebabkan diabetes atau resistensi insulin. Belum lagi penambahan berat badan dan masalah kesehatan lainnya.

3. Membahayakan Ginjal
Amerika Serikat melakukan penelitian mengenai bahaya tersebut terhadap 3256. Mereka rutin mengkonsumsi minuman bersoda minimal 2 kali sehari. Hasilnya, sebanyak 30% responden mengalami kerusakan ginjal dan penurunan fungsinya.

4. Meningkatkan Risiko Kanker Pankreas
Dalam suatu penelitian di Amerika Serikat, kandungan minuman bersoda dipercaya sebagai salah satu pemicu timbulnya kanker pankreas. Dalam penelitian tersebut, 87% responden yang minimal mengonsumsi minuman bersoda 2 kali sehari mengalami peningkatan risiko kanker pankreas.
5. Meningkatkan Risiko Tulang Rapuh
Salah satu kandungan minuman bersoda adalah asam fosfat. Dalam suatu penelititan, asam fosfat ini bisa menyebabkan penyakit kerapuhan tulang. Hal ini karena asam fosfat bisa melarutkan kalsium yang ada di dalam tulang. Akibatnya, tulang menjadi rapuh dan keropos.
6.  Terganggunya sistem pencernaan
Mengandung CO2 yang menyebabkan lambung tidak bisa menghasilkan enzim yang sangat penting bagi proses pencernaan, yang demikian itu terjadi jika mengkonsumsinya bersamaan dengan makan, atau setelahnya. Juga menyebabkan peniadaan fungsi enzim-enzim pencernaan yang dihasilkan oleh lambung, yang selanjutnya tergganggunya proses pencernaan dan pengambilan sari-sari makanan.
  
7. Meningkatkan Ketergantungan pada Kafein
Minuman bersoda mengandung kafein. Zat ini sejak dulu dikenal sebagai zat yang mampu membuat orang ketergantungan. Meskipun kafein mempunyai efek positif terhadap tubuh, efek negatif kafein ternyata lebih banyak. Misalnya, membuat jantung berdebar, insomnia, tekanan darah rendah, dan lain-lain.
Setelah menyimak bahaya-bahaya minuman bersoda tersebut, ada baiknya Anda segera mengganti menu minuman bersoda dengan minuman lain yang bermanfaat bagi kesehatan. Misalnya, susu sapi, susu kedelai, air putih, teh hijau, teh hitam, jus buah-buahan, atau yoghurt. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari risiko penyakit-penyakit serius yang mengancam tubuh.
Setelah menyimak bahaya-bahaya minuman bersoda tersebut, ada baiknya Anda segera mengganti menu minuman bersoda dengan minuman lain yang bermanfaat bagi kesehatan. Misalnya, susu sapi, susu kedelai, air putih, teh hijau, teh hitam, jus buah-buahan, atau yoghurt. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari risiko penyakit-penyakit serius yang mengancam tubuh dan Selalu lakukan pemeriksaan laboratorium secara rutin untuk memantau dan mendeteksi dini kesehatan anda.


Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal
#klinikglobalbanjarmasin
#klinikbpjs
#faskesbpjs
#klinikkemoterapikalimantan

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB