Sunday, 10 April 2016

Siapa yang tidak pernah merasakan kesemutan ? rasanya gejala ini pernah dialami oleh semua orang. Kesemutan sering terjadi ditangan atau kaki. kesemutan yang umumnya dialami biasanya dengan gejala yang ringan. Tetapi jika gejala kesemutan ini muncul terus menerus tentu akan mengganggu aktivitas dan menimbulkan kekhawatiran.

Apa sih yang menyebabkan terjadinya kesemutan ? Dalam kondisi normal disebabkan karena tertekannya organ tubuh dalam waktu tertentu, misalnya duduk bersila terlalu lama, atau tidur di atas lengan, dsb. Kesemutan seperti ini akan segera hilang bila tekanan pada anggota tubuh dihilangkan, inilah yang disebut dengan kesemutan sementara. Namun bila sering mengalami kesemutan, sebaiknya Anda hati-hati karena penyebab sering kesemutan bisa jadi merupakan tanda akan adanya gangguan kesehatan yang serius pada tubuh Anda, inilah yang kemudian kita kenal sebagai kesemutan berkepanjangan. 

Mari kita lebih memahami apa penyebab dari kesemutan sementara dan kesemutan berkepanjangan

1. Penyebab Kesemutan Sementara

Kesemutan sementara terjadi ketika ada anggota tubuh yang mengalami tekanan dalam waktu lama. Hal ini membuat pasokan darah ke saraf di daerah itu menjadi terhambat.  Penyebab kesemutan sementara bisa disebabkan oleh dehidrasi dan hiperventilasi, yaitu kondisi pada saat Anda bernapas terlalu cepat.
Penyebab lain adalah penyakit Raynaud. Penyakit ini memengaruhi pasokan darah ke area tertentu pada tubuh, seperti jari-jari tangan dan kaki. Penyakit ini khususnya menyerang saat penderita sedang stres, gelisah, atau berada di ruangan bersuhu dingin.

2. Penyebab Kesemutan Berkepanjangan
Kesemutan yang terjadi secara berkepanjangan biasanya berhubungan dengan kondisi kesehatan Anda, misalnya akibat menderita penyakit diabetes gangguan ginjal, penyakit hati, stroke, tumor otak, kanker, ketidakseimbangan hormon, multiple sclerosis atau sklerosis ganda, atau CTS (carpal tunnel syndrome) atau sindrom lorong karpal, kompresi saraf ulnar.
Selain itu, obat-obatan yang sedang Anda konsumsi juga bisa memicu kesemutan, misalnya obat-obatan kemoterapi yang digunakan untuk mengatasi kanker payudara dan limfoma, obat pencegah kejang, antibiotik, dan obat untuk penyakit HIV/AIDS.
Terpapar zat beracun juga bisa menimbulkan kesemutan. Zat-zat beracun terkait, misalnya merkuri, talium, timbal arsenik dan beberapa bahan kimia industrial lainnya.
Faktor lain yang menyebabkan kesemutan berkepanjangan adalah malanutrisi atau kondisi tubuh saat kekurangan nutrisi penting akibat pola makan yang buruk, kekurangan vitamin B12, dan akibat mengkonsumsi alkohol secara berlebihan

Ketahui Penyebab Kesemutan anda secara pasti !

Apabila Anda memutuskan untuk memeriksakan penyebab kaki dan tangan sering kesemutan ke dokter, ia mungkin akan melakukan pemeriksaan fisik dan mencermati riwayat medis Anda untuk mengetahui keberadaan gejala, lingkungan kerja, kebiasaan sosial (termasuk konsumsi alkohol), paparan racun, risiko HIV atau penyakit menular lainnya, serta riwayat penyakit saraf dalam keluarga.
Dokter mungkin juga melakukan pemeriksaan tambahan seperti:

1. Pemeriksaan Laboratorium  
Pemeriksaan ini  untuk mendeteksi adanya penyakit diabetes, kekurangan vitamin, gangguan fungsi hati atau ginjal, gangguan metabolik, dan tanda-tanda adanya aktivitas sistem imun yang abnormal.

2. Pemeriksaan cairan serebrospinal. 
 Tes ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi antibodi-antibodi yang berkaitan dengan neuropati periferal.

3. Pemeriksaan elektromiogram (EMG) 
suatu tes untuk menguji aktivitas elektrik di dalam otot.

4. Pemeriksaan kecepatan konduksi saraf (Nerve conduction velocity atau NCV)

Kesemutan bisa diminimalisasi dengan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, misalnya:
  • Rutin berolahraga
  • Menghindari terpapar racun.
  • Menghindari atau membatasi konsumsi minuman beralkohol.
  • Berhenti Merokok
  • Pola makan yang sehat.
  • Senantiasa menjaga berat badan ideal.
  • Mengobati dan mengontrol penyakit kronis jika ada, seperti diabetes atau gagal ginjal.
Kebanyakan kasus kesemutan yang terjadi bersifat sementara. Anda disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan jika kesemutan terus terjadi, lakukan pemeriksaan darah yang cepat dan tepat  di Golab.
Hubungi dan kunjungi kami 

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-6743187

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal
#klinikglobalbanjarmasin
#klinikbpjs
#faskesbpjs
#klinikkemoterapikalimantan

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB