Thursday, 7 April 2016





Air merupakan bagian penting dalam tubuh manusia. Dalam tubuh, air berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh, pelarut, bantalan sendi, dan membawa zat penting ke seluruh tubuh. Konsumsi air pun tak boleh kekurangan maupun kelebihan karena dapat menganggu kesehatan.Volume cairan tubuh manusia bervariasi tergantung usia dan jenis kelamin. Kekurangan cairan dalam tubuh biasa dikenal dengan dehidrasi. 

Pada dasarnya kebutuhan cairan tubuh setiap orang berbeda-beda. Hal ini tergantung pada beberapa hal seperti jenis kegiatan atau aktivitas yang mereka jalani, jenis kelamin, kondisi cuaca, kondisi kesehatan, maupun berat badan seseorang. Jika dilihat dari segi berat badan, para pakar kesehatan menyarankan agar kita mengkonsumsi air putih sebanyak 0.03 liter dari jumlah berat badan kita. Jadi misalkan Anda memiliki berat badan 50 kg, maka konsumsi air putih yang dianjurkan adalah tidak boleh lebih dari 1,5 liter per harinya. Namun jika dilihat dari kondisi kesehatan seseorang, mereka yang menderita gangguan atau penyakit ginjal sangat disarankan untuk lebih membatasi konsumsi cairan, karena hal itu akan semakin memperburuk kondisi ginjalnya.

Dampak Buruk Mengkonsumsi Terlalu Banyak Air putih Bagi Tubuh

1. Meningkatkan Volume Darah
Pada saat kita mengkonsumsi air putih secara berlebihan, makan hal tersebut akan menimbulkan resiko peningkatan volume darah yang nantinya dapat meningkatkan beban pada pembuluh darah serta jantung. Dimana kedua organ tubuh tersebut harus bekerja ekstra keras dalam proses sirkulasi darah.

2. Mengganggu fungsi ginjal
Pada saat kadar air dalam tubuh meningkat, hal ini akan membuat organ ginjal untuk bekerja lebih keras lagi untuk menyaring kelebihan air tersebut. Hal ini juga bisa berarti bahwa beban ginjal akan semakin meningkat karena semakin banyak air yang harus disaring oleh glomerulus. Pada akhirnya glomerulus akan dapat mengalami kerusakan karena kadar air yang berlebih.


3. Pembengkakan sel-sel darah
Mengkonsumsi air putih secara berlebihan dapat membuat darah menjadi lebih encer. Hal ini berarti konsentrasi elektrolit dalam sel-sel tubuh menjadi menurun dan hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya pembengkakan pada sel-sel tubuh. Jika pembengkakan tersebut terjadi pada sel-sel otak, maka kemungkinan besar hal itu akan meningkatkan tekanan intrakranial. Akibatnya anda bisa mengalami sakit kepala ringan maupun gangguan pernafasan.

4. Gangguan Hiponatremia
Ini merupakan suatu gangguan kesehatan yang disebabkan oleh berkurangnya kadar natrium dalam darah, yaitu dibawah 135 milimol, dimana kandungan natrium dalam darah normalnya adalah antara 135 hingga 145 milimol per liternya.

5. Menguras kandungan kalium dalam tubuh
Mengkonsumsi terlalu banyak air dapat menyebabkan kandungan kalium dalam tubuh menjadi terkuras. Hal ini dapat berakibat pada timbulnya beberapa rasa nyeri pada dada, timbulnya rasa nyeri pada kaki, gangguan mental seperti mudah tersinggung, serta tubuh menjadi gemetar.

Saat ingin mendapatkan efek positif dari air putih, membuat sebagian kalangan masyarakat menjadi berfikir salah mengenai cara mengkonsumsi cairan tersebut. Banyak dari mereka yang sekaligus mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak. Padahal hal tersebut justru sangat tidak dianjurkan karena akan berdampak buruk bagi tubuh. Para ahli kesehatan sangat menyarankan agar mengkonsumsi air putih secara wajar dan secukupnya sesuai kebutuhan tubuh, serta dilakukan secara bertahap. Sebaiknya mengkonsumsi air putih pada saat haus, karena pada saat itu kita bisa mengukur seberapa besar kebutuhan tubuh kita akan air putih.
 
Lakukan Medical Check up rutin untuk memantau kesehatan anda .

Percayakan pemeriksaan medis anda di Golab! 
Tepat Diagnosa Tepat Obat Cepat Sehat

Laboratorium Global (GOLAB)

Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-3276533

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal
#klinikglobalbanjarmasin
#klinikbpjs
#faskesbpjs
#klinikkemoterapikalimantan 


Sumber : Dikutip dari berbagai sumber.




Mungkin kita sudah seringkali mendengar anjuran yang mengatakan bahwa, kita harus minum air putih minimal 8 gelas/2 liter perhari supaya sehat. Namun Ada pendapat yang mengatakan bahwa anjuran 8 gelas minum air putih perhari itu tidak selalu benar, alasannya karena ukuran tubuh dan kebutuhan orang akan air bisa berbeda karena beberapa faktor. - See more at: http://www.tipscaraterbaik.com/ukuran-minum-air-putih-perhari-yang-benar.html#sthash.sdUYjiPx.dpuf
Mungkin kita sudah seringkali mendengar anjuran yang mengatakan bahwa, kita harus minum air putih minimal 8 gelas/2 liter perhari supaya sehat. Namun Ada pendapat yang mengatakan bahwa anjuran 8 gelas minum air putih perhari itu tidak selalu benar, alasannya karena ukuran tubuh dan kebutuhan orang akan air bisa berbeda karena beberapa faktor. - See more at: http://www.tipscaraterbaik.com/ukuran-minum-air-putih-perhari-yang-benar.html#sthash.sdUYjiPx.dpuf

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB