Friday, 4 March 2016

Musim Hujan! 
Hmmm, sepertinya kondisi tersebut sedang menyelimuti wilayah Indonesia saat ini. Dimana-dimana hujan turun hampir setiap hari. Begitu pun di Banjarmasin. 
Bahkan sebagian wilayah atau malah mungkin hampir seluruh wilayah Banjarmasin diguyur hujan tadi pagi.

Hujan yang terus menerus mengguyur dari pagi hingga malam terkadang menjadi rutinitas yang mau tidak mau harus kita hadapi. Pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan ini biasanya membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan. Hal ini disebabkan karena tubuh dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda daripada sebelumnya.

Jika tidak segera mendapatkan perhatian dan penanganan yang serius maka kemungkinan tubuh terkena penyakit akan lebih besar. Sehingga tak heran jika ruang tunggu dokter akan lebih penuh saat musim ini

Ada macam-macam penyakit yang rentan menyerang tubuh saat musim penghujan seperti diantarnya flu, batuk, sesak nafas, pilek, masuk angin, penyakit kulit hingga demam berdarah juga tak kalah menjadi daftar penyakit yang banyak dijumpai saat musim penghujan. 

Apabila penyakit tersebut menjangkit anda, tentunya tubuh akan menjadi tidak fit akibatnya aktifitas sehari-hari akan menjadi terhambat, kan? 
Lantas, bagaimana cara agar kondisi tubuh tetap fit saat musim hujan?

1. Konsumsi Vitamin
Saat perubahan musim tubuh biasanya tidak langsung menyesuaikan dengan lingkungan termasuk suhu udara saat hujan turun. Tubuh biasanya akan merespon secara perlahan melalui proses penyesuaian lingkungan dan timbal balik respon yang muncul, saat seperti ini tubuh akan rentan karena menurunnya imunitas tubuh. Saat imunitas (kekebalan tubuh) menurun tubuh rentan terserang penyakit, untuk mengatasinya maka dibutuhkan asupan vitamin tambahan. Mengkonsumsi vitamin adalah tips sehat agar tubuh tetap memiliki daya tahan yang kuat. Mengkonsumsi vitamin C sangat dianjurkan, kandungan vitamin C secara rutin memastikan tubuh mendapatkan asupan vitamin yang baik untuk kekebalan tubuh.

2. Selalu Higienis
Udara dan lingkungan yang lembab membuat kuman dan bakteri berkembang cepat. Karenanya menjaga tubuh, pakaian dan lingkungan tetap higienis dapat menekan pertumbuhan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan. Membiasakan mencuci tangan saat sebelum makan, sesudah makan dan saat akan beraktifitas dianjurkan agar kuman tidak masuk dalam tubuh. Membersihkan pakaian dan tubuh dengan benar dapat menekan bakteri tumbuh cepat di musim hujan untuk menghindari penyakit.

3. Bersihkan Lingkungan
Membersihkan lingkungan sangat baik saat musim hujan tiba. Biasanya saat hujan turun lingkungan akan lebih kotor daripada saat kemarau. Sampah rumah tangga yang biasa disimpan sebaiknya segera dibuang agar menghindari kuman dan bakteri dapat menyebar, karena saat hujan sampah akan mudah membusuk. Membersihkan lingkungan setiap hari dapat menekan pertumbuhan bakteri yang dapat memacu penyakit dalam tubuh.

4. Banyak Minum
Minum air putih cukup baik untuk tubuh dan kesehatan tubuh. Meski saat hujan turun biasanya rasa haus tidak begitu terasa namun sebenarnya justru tubuh membutuhkan air yang cukup untuk memenuhi cairan tubuh. Meminum minuman hangat sangat baik saat musim hujan selain dapat mengganti cairan tubuh yang hilang juga dapat menghangatkan tubuh, misalnya membuat minuman jahe hangat dengan gula merah selain hangat tubuh juga dapat mendapat asupan cairan yang cukup.

5. Jaga Asupan Makanan
Makan makanan yang sehat dan mengandung karbohidrat sangat baik untuk tubuh di musim hujan. Suhu udara yang dingin sangat terasa sekali mana kala perut dalam keadaan lapar dan bila dibiarkan dapat mengakibatkan masuk angin. Sehingga saat musim hujan mengkonsumsi makanan berlemak sangat baik untuk menjaga tubuh tetap hangat dan terhindar dari penyakit seperti masuk angin, flu, dan panas dingin. Namun saat musim hujan asupan makanan yang masuk dalam tubuh harus dikontrol karena saat musim hujan metabolisme tubuh relatif turun. Sehingga bila terus terusan mendaptak asupan makanan dapat mengakibatkan kegemukan.

6. Perhatikan Pola Tidur
Saat musim hujan rasa kantuk memang selalu datang, namun semakin tubuh banyak beristirahat ternyata dapat mengakibatkan otot menjadi kaku dan tubuh menjadi lemas. Saat seperti ini sebaiknya lakukan aktifitas yang itu dapat menjaga tubuh tetap bugar agar tubuh tidak mudah lemas. Tidak bergadang di malam hari sangat baik untuk kesehatan tubuh, bergadang mengakibatkan tubuh akan lemas dan stamina turun.

7. Kenakan Pakaian Yang Tebal dan Hangat
Pakaian yang tebal dan hangat sangat bagus untuk tubuh di musim hujan seperti ini. Saat hujan tiba memakai perlengkapan berkendara yang tebal dan tetap bersih baik untuk menghindari masuk angin. Karena saat hujan tubuh akan mudah terserang penyakit dan membutuhkan pakaian yang hangat dan kering. Pakaian yang basah dapat mengakibatkan tubuh menggigil dan terserang penyakit serta masuk angin.



0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB