Wednesday, 16 March 2016


Hati atau Liver  adalah salah satu organ yang mempunyai peranan yang sangat penting di dalam tubuh kita. Selain itu, 
jika liver Anda sudah terganggu, efek negatifnya bisa dirasakan seluruh tubuh. Sebab, liver berfungsi untuk menyaring racun-racun yang masuk ke dalam tubuh, entah itu dalam bentuk makanan atau dihirup dari hidung. Jika tidak bisa tersaring, karena liver mengalami gangguan, racun akan dengan bebasnya ‘mampir’ ke organ tubuh lainnya.
 
Makanan yang kita konsumsi yang mengandung bahan kimia dan zat-zat asing otomatis akan tersaring di liver. Ketika liver kita tak lagi mampu menampung zat-zat kimia tersebut, maka perlahan-lahan akan mengalami kerusakan dan dapat berakibat fatal bagi kesehatan. Jika tidak segera dicegah atau diatasi, maka hal itu akan meningkatkan resiko kanker hati.Meski pengaruhnya tidak terasa secara langsung, namun kesehatan liver dapat berpengaruh terhadap tingkat energi dan libido karena liver bertanggung jawab untuk mengontrol kadar hormon di dalam tubuh. 
Menjaga liver atau hati agar tetap sehat adalah hal yang mutlak kita lakukan. Adapun cara terpenting untuk menjaga kesehatan liver adalah dengan menjaga pola makan atau diet.Menurut spesialis penyakit hati, untuk menjaga liver tetap sehat Anda harus memenuhi beberapa rekomendasi dari Methods Of Healing ini untuk memastikan gaya hidup yang lebih sehat,
 
Berikut 6 Langkah untuk menjaga kesehatan Liver:
1. Mengkonsumsi Makanan Sehat
Menurut Direktur medis untuk program transplantasi hati di sebuah Rumah Sakit Umum di daerah Massachusetts yang bernama Ray Chung, MD menyatakan bahwa untuk menjaga organ hati agar tetap sehat bisa dilakukan dengan konsumsi makanan yang sehat dan menjalankan gaya hidup yang sehat. Makan setidaknya berbagai jenis sayuran hijau setiap hari tentu akan menjadi langkah yang baik untuk organ hati. Hal ini disebabkan karena sayuran terutama yang berdaun hijau memiliki kandungan folat yang berguna untuk meningkatkan kesehatan anggota tubuh, khususnya hati. Selain itu, folat juga sangat membantu dalam mempersingkat waktu pemulihan bagi mereka yang menderita gangguan hepatitis. Jadi sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi.

2.  Hindari konsumsi alkohol


Liver berfungsi untuk menyaring racun dari tubuh. Tapi, fungsi hati ini bisa terganggu bila Anda mengonsumsi alkohol, terutama dalam jumlah besar. Maka itu, stop konsumsi alkohol bila ingin liver Anda sehat.

3. Hindari Kontak dengan Sumber Racun


Langkah selanjutnya adalah dengan selalu berusaha menghindari kontak langsung dengan beberapa zat yang mengandung racun. Beberapa produk seperti produk pembersih, produk aerosol, insektisida, zat aditif pada makanan. Bahkan efek bahaya nikotin rokok juga bisa mempengaruhi kesehatan organ hati jangka panjang. Terbisa menjalani gaya hidup yang sehat berarti juga akan melindungi hati Anda.

4. Lebih Selektif dalam Memilih Obat-Obatan
 
Beberapa jenis obat-obatan yang sebenarnya bertujuan untuk mengobati penyakit yang Anda derita justru dapat membahayakan organ dalam Anda yaitu hati. Hal ini biasanya terjadi ketika Anda terlalu banyak obat kimia atau herbal tertentu dalam jangka panjang. Sebagai contoh apabila Anda mengkonsumsi obat penurun kolesterol dan penghilang rasa sakit seperti acetaminophen secara berlebihan, maka akan dapat berdampak menyakiti hati Anda. Untuk itu, akan lebih baik apabila Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan petugas medis tentang bagaimana cara yang tepat mengkonsumsi obat yang harus Anda minum.

5. Vaksinasi

Pemberian vaksinasi juga akan sangat membantu menghindarkan Anda dari berbagai penyakit gangguan hati seperti hepatitis.  Hepatitis merupakan salah satu penyakit menular yang bisa kita dapatkan melalui makanan maupun minuman yang terkena virus yang nantinya virus tersebut dapat menyebar keseluruh tubuh melalui darah maupun cairan tubuh. Untuk itu, jika Anda ingin bepergian ke suatu daerah yang terjangkit wabah virus hepatitis, maka sebaiknya Anda meminta vaksinasi guna mencegah penyebaran virus pada diri Anda.


6.  Ikuti aturan hidup bersih


Rajin cuci tangan, terutama sebelum makan dan setelah makan atau setelah dari toilet. Jangan minum air dari peralatan yang digunakan orang asing, sebelum benar-benar mencucinya secara baik.

7. Pemeriksaan kesehatan secara teratur

Anda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan di laboratorium secara berkala untuk mengetahui kondisi hati  sekaligus mendeteksi penyakit hati tahap awal.



Jadwalkan pemeriksaan laboratorium anda segera untuk mendeteksi kondisi hati anda di Laboratorium Global Farma.
Hubungi

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-3276533

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal
#klinikglobalbanjarmasin
#klinikbpjs
#faskesbpjs
#klinikkemoterapikalimantan 

Mau Cek Lab ? GoLab aja.


0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB