Thursday, 10 March 2016


Usia memang mempengaruhi kinerja organ yang ada pada tubuh.Semakin bertambah usia seseorang maka metabolisme tubuh akan melambat dan lemak akan lebih mudah menumpuk. Wanita usia 40 tahun ke atas rentan terhadap penyakit seperti kesehatan pada payudara, osteoporosis dan penyakit jantung.Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar di usia 40 tahunan, ada baiknya menerapkanprinsip hidup sehat seperti berikut ini.

1. Diet Seimbang

Beberapa waktu terakhir banyak sekali orang-orang yang mencari informasi tentang diet sehat dengan cara menu diet sehat dan cepat. Kita semua memang selalu menginginkan sesuatu yang menguntungkan, seperti halnya menu diet yang cepat dan juga sehat. Selama ini kita beranggapan bagaimana bisa sesuatu yang bisa didapatkan dengan lebih cepat namun tetap sehat. Ya, diet adalah aktivitas mengatur pola makan yang baik. Oleh sebab itu, diet dengan cepat dan sehat pasti mungkin terjadi asal kita benar dalam mengatur pola makan kita.
 Berikut adalah 7 Makanan Sehat di Usia 40 Tahunan
  • Gandum
  • Ceri
  • Kenari
  • Lemak omega 3
  • Kedelai
  • Tomat
  • Susu
2. Rutin Berolahraga 

Olahraga dan memperhatikan asupan gizi adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Sebab, lemak tidak akan terbakar sempurna tanpa berolahraga. Setelah usia 40-an tubuh memang berubah: massa otot dan kepadatan tulang berkurang.
Mengingat kondisi tubuh tidak secanggih saat usia 17an , maka dari itu anda yang sekarang berusia diatas 40 tahun harus lebih rajin untuk berolahraga. Tidak harus olahraga berat yang melelahkan, cukup dengan berjalan kaki selama 30 menit  sehari sudah cukup untuk mengurangi lemak ditubuh anda. Selain itu anda juga dapat melakukan yoga atau pilates selama 45 menit 3 hari dalam seminggu.

3. Berhenti Merokok

Rokok menjadi salah satu pemicu seseorang terserang penyakit seperti impotensi, gangguan kesuburan, degenerasi makula, pengeroposan tulang lebih cepat dan penyakit gusi. Cukup dengan berusaha berhenti maka penyakit yang membayang-bayangi hidup Anda tersebut menjadi kabur.

4. Rutin Berkonsultasi dengan Dokter

Buatlah jadwal untuk melakukan konsultasi dengan dokter anda. Dokter biasanya akan merekomendasikan pemeriksaan apa saja yang harus anda lakukan dan mengenai pola hidup sehta lainnya agar anda tetap sehat walaupun diusia yang sudah tidak muda lagi.

5. Selalu Bahagia

Kebanyakan wanita stress menghadapi pertambahan usia atau menghadapi menopause . Perasaan depresi tersebut justru kian mengganggu kerja metabolisme. Tak ada salahnya anda belajar untuk menikmati anugerah alam ini dengan ikhlas tanpa harus berupaya keras untuk tetap kencang seperti anak gadis.
Selain itu, kebanyakan wanita di atas usia 40 biasanya terlalu fokus pada masalah pekerjaan atau rumah tangga, sehingga kerap terlupa pada hal-hal yang sesungguhnya bisa membuat Anda tertawa atau tersenyum.

Lakukan segaka hal yang membuat Anda bahagia. Misalnya di hari Minggu bebaskan rasa bersalah pada gula dnengan menyantap es krim bersama anak. Yang terpenting, syukurilah hidup Anda.


Sumber : Majalah Pesona Edisi 2012 dan artikel lainnya

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB