Monday, 14 March 2016

 
Infeksi saluran kencing(ISK) adalah infeksi bakteri yang mengenai bagian dari saluran kencing. Bakteri yang berada di saluran kencing akan menimbulkan peradangan, mengeluarkan toksin atau racun yang mengiritasi saluran kemih dan nantinya memberikan ciri-ciri infeksi saluran kemih yang khas. Penyakit ini sering menyerang seluruh masyarakat dari berbagai kalangan, terutama perempuan dan ibu hamil. Pada anak, infeksi saluran kencing (ISK) mungkin hanya demam. Karena gejala yang kurang jelas, ketika perempuan berusia kurang dari dua tahun atau laki-laki di kurang dari satu tahun yang belum disunat mengalami demam,  Bayi mungkin sulit makan, muntah, lebih banyak tidur, atau tampak kuning. Pada anak yang lebih besar, dapat timbul gejala baru inkontinensia (hilangnya kontrol kandung kemih). 

Agar dapat menghindari infeksi tersebut mari kita mengenali tanda-tanda  infeksi saluran kencing berikut ini

1.  Rasa ingin selalu buang air kecil

Penderita merasa ingin berkemih meski beberapa menit atau setengah jam sebelumnya ia baru saja kencing. Meski begitu, air kencing yang keluar hanya sedikit dan sering diikuti dengan perasaan kurang puas atau perasaan belum keluar seluruhnya ketika selesai berkemih. Seringkali penderita merasa keinginan berkemih yang tidak dapat ditahan, seperti pada keadaan normal. tanda infeksi saluran kencing ini sering terjadi pada infeksi yang melibatkan kandung kemih dan saluran kencing bagian bawah.

2. Nyeri atau perih saat buang air kecil

Rasa nyeri atau perih ini sepertim perasaan terbakar atau terasa panas di saat Anda sedang atau hendak berkemih. Sensasi terbakar ini akan hilang ketika penderita telah selesai berkemih. tanda infeksi saluran kencing ini terutama didapatkan pada infeksi yang melibatkan kandung kemih dan saluran kencing bagian bawah.

3. Demam

Penyakit infeksi pada umumnya selalu menimbulkan demam. Namun, pada penyakit infeksi saluran kencing, demam biasanya menandakan adanya proses infeksi yang lebih serius. 

 4. Warna urin yang keruh, bahkan kadang-kadang bercampur darah

Salah satu ciri-ciri infeksi saluran kencing yang membuat penderita segera datang ke dokter adalah saat air kencingnya berwarna kemerahan bahkan menyerupai warna darah. Infeksi yang terjadi pada saluran kencing dan kandung kemih bahkan ginjal dapat menimbulkan gejala ini.

5. Bau Urin yang Menyengat


Urin memang memiliki bau yang menyengat namun pada penderita infeksi saluran kencing bau urin lebih menyengat dari keadaan normal.

6. Nyeri pada bagian selangkangan, pinggang, bahkan punggung

Tanda-tanda infeksi saluran kencing yang satu ini pun menandakan adanya proses infeksi saluran kencing yang telah melibatkan organ ginjal dan saluran kencing bagian atas. Apalagi bila Anda mengalami nyeri pinggang mendadak yang terus menerus disertai dengan adanya demam tinggi. Selain nyeri pinggang, infeksi pada ginjal dan saluran kencing bagian atas juga dapat menimbulkan nyeri pada samping punggung dan juga pada selangkangan.

Mengenali tanda-tanda infeksi saluran kencing sedari dini dapat membantu dokter dan diri Anda untuk mendiagnosis penyakit ini dan menyembuhkannya. Jangan ragu atau malas untuk berkunjung ke dokter, karena penyakit ini mutlak membutuhkan penanganan yang tepat dari tenaga kesehatan yang kompeten. Jika anda mengalami tanda-tanda tersebut segera lakukan pemeriksaan Urinalisa Lengkap dan pemeriksaan penunjang lainnya di Laboratorium.

Tentunya Jangan lupa untuk melakukan Pemeriksaan di Laboratorium Global Farma Banjarmasin.
Pemeriksaan Laboratorium Banjarmasin
Medical check up Banjarmasin
Segera hubungi atau datang langsung ke Laboratorium Global farma
Jl.A.Yani Km 6,6 No.55
DEPAN GIANT STORE
Kertakhanyar Kalsel
Telp : 0511.327.6533 
web : www.laboratoriumglobal.com

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal
#klinikglobalbanjarmasin
#klinikbpjs
#faskesbpjs
#klinikkemoterapikalimantan 




1 komentar:

LABORATORIUM GLOBAL FARMA said...

Ada baiknya tiap posting dikasih kasyak gini di paragraf terakhir
#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin
#ceklabbanjarmasin
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalcheckupbanjarmasin
jangan lupa untuk pemeriksaan laboratorium klinik di banjarmasin di
Laboratorium Global ( GOLAB )
Jl.A.Yani Km 6,6 No.55
Kertakhanyar Kab.Banjar Kalsel
www.laboratoriumglobal.com

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB