Tuesday, 22 March 2016


Sebagian besar dari kematian yang terjadi adalah akibat keterlambatan penanganan. DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, bukan bakteri, sehingga pengobatannya tidak menggunakan antibiotik. Sampai saat ini, belum ada obat khusus untuk membasmi virus demam berdarah yang terlanjur menginfeksi tubuh belum ditemukan. Pengobatan hanya ditujukan untuk mengatasi efek yang ditimbulkan oleh virus, seperti demam, kebocoran pembuluh darah, turunnya tekanan darah, dan lain-lain. Virus sendiri diharapkan akan diatasi imunitas tubuh kita.

Seseorang yang terkena DBD mengalami perubahan dalam permeabilitas pembuluh darah. Dinding pembuluh darah menjadi mudah ditembus cairan tubuh, akibatnya air dari pembuluh darah akan masuk ke dalam jaringan. Tubuh akan membengkak dan terjadi gejala pengentalan darah karena pembuluh darah kehilangan cairan.

DBD identik dengan kadar trombosit yang makin lama makin rendah. Tapi pengobatan penyakit ini bukan dengan transfusi trombosit. Pasien DBD mengalami kekurangan cairan sehingga dibutuhkan cairan yang banyak untuk mengatasi efek kebocoran plasma, mengencerkan darah sehingga darah tidak pekat dan oksigen mudah dialirkan, dan meningkatkan trombosit.

Hal yang paling penting dalam DBD ini adalah diagnosis. Diagnosis ditegakkan berdasarkan hasil tes darah. Dihimbau kepada para orang tua untuk waspada, dan melakukan tes darah saat anak demam. Di hari ke-3 demam, biasanya hasil tes darah bisa menunjukkan adanya penurunan trombosit, leukosit dan kenaikan hematokrit yang bisa menjadi indikator virus DBD dalam darah.

Disini kami ingin berbagi info tentang istilah-istilah yang dekat dengan DBD.

Trombosit
Trombosit atau keping darah berperan dalam proses pembekuan darah. Jumlah trombosit yang rendah bisa menimbulkan pendarahan karena proses pembekuan darah terganggu.
trombosit yang rendah belum tentu berarti DBD lo. Penyakit lain seperti demam tifoid dan chikungunya juga bisa menyebabkan trombosit rendah. Jumlah trombosit normal adalah 200.000 - 400.000 keping/mm2.

Leukosit
Sel darah putih atau leukosit adalah sel yang membentuk komponen darah. Sel ini berfungsi membantu tubuh melawan berbagai penyakit infeksi sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh. Jumlah leukosit normal adalah 5.000 - 10.000

Hematokrit
Hematokrit adalah proporsi volume darah yang berisi sel darah merah. Bahasa awamnya adalah kekentalan darah. Makin tinggi nilainya berarti makin kental darah, makin sedikit cairan di dalam pembuluh darah sehingga sulit untuk mengalirkan oksigen.. Nilai Hematokrit normalnya adalah 36 % - 52 % sedangkan Untuk anak Indonesia nilai hematokrit yang normal adalah 37-43%.

Albumin
Albumin adalah protein dalam darah yang diperlukan tubuh untuk memelihara dan memperbaiki jaringan. Albumin dalam darah membantu pembuangan cairan dengan cara menarik cairan yang berlebih dalam jaringan, kembali pada darah. DBD bisa menyebabkan hipoalbuminemia, yaitu kekurangan kadar protein albumin dalam darah. kadar normal albumin berkisar antara 3,8 - 5 g/dL.

 Menghadapi anak yang sakit DBD ini kaimi ingin berbagi beberapa tips:

1. Selalu waspada dengan demam. Jangan biarkan demam tinggi terlalu lama, gelisah, bahkan mengigau.

2. Jangan abaikan keluhan anak seperti mual, sangat pusing, pegal-pegal, sakit perut, nyeri di belakang bola mata .

3. Usahakan tes darah setelah demam 3X24 jam. Tampaknya tes darah adalah cara paling tepat untuk menegakkan diagnosis penyakit DB.

4. Perhatikan nilai trombosit, leukosit, hematokrit dari tes darah. Jika semua indikator menunjukkan positif DBD kuatkan hati untuk dirawat ya :).

5. Pastikan asupan cairan cukup. Baik lewat minuman, maupun infus. Asupan cairan yang terlambat bisa menyebabkan kekentalan darah tinggi, sehingga pembuluh darah rapuh dan sangat sulit untuk diinfus. 

 Seperti yang telah disebutkan diatas hal yang paling penting dalam DBD ini adalah diagnosis. Demam lebih dari 1 hari? segera periksakan ke Laboratorium! 
Kunjungi kam

Laboratorium Global (GOLAB)
Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55
Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel
Telp: 0511-3276533

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#labglobal
#labglobalfarma
#laboratoriumglobal
#laboratoriumglobalfarma
#laboratorimklinik
#laboratoriumklinikbanjarmasin
#Klinikglobal
#klinikglobalbanjarmasin
#klinikbpjs
#faskesbpjs
#klinikkemoterapikalimantan 


Berbagai Sumber dan http://duniafitri.blogspot.co.id/2010/07/sedikit-tentang-demam-berdarah-nice-to.html
 














0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB