Wednesday, 23 March 2016


 


Ginjal merupakan organ yang sangat penting dan mempunyai peran vital untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Apabila kondisi ginjal terganggu, maka hal tersebut juga akan mempengaruhi kesehatan kita secara keseluruhan. Ginjal  berfungsi untuk menyaring racun dan limbah dalam tubuh manusia. Terlebih lagi ginjal berperan mempertahankan cairan elektrolit yang bisa mengikat air, supaya tidak mengalami dehidrasi. 
Karena peran nya yang amat penting bagi tubuh kita wajib menjaga ginjal kita tetap sehat agar ginjal dapat mengerjakan fungsinya dengan benar. ada beberapa kebiasaan yang tidak kita sadari ternyata dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal kita , berikut penjelasannya.


1. Merokok


Merokok seperti kebutuhan pokok bagi sebagian orang ,padahal merokok merupakan kebiasaan buruk yang dapat merusak hampir setiap organ tubuh manusia, tidak terkecuali ginjal kita. Karena efek dari merokok akan muncul dalam jangka panjang maka sedikit orang yang menyepelekan akibat dari kebiasaan ini sehingga masih saja dilakukan. Menurut American Association of Kidney Patients (AAKP) merokok adalah faktor utama dibalik penyakit ginjal tahap akhir (ESRD, End Stage Renal Disease) Merokok dapat mempersempit pembuluh darah di ginjal. Ia bahkan juga dapat mempercepat hilangnya fungsi ginjal serta memperburuk penyakit ginjal yang ada.

2.  Sering Begadang

Karena kesibukan yang padat menyebabkan kita kekurangan jam tidur padahal idealnya Tidur 6 hingga 8 jam setiap hari penting untuk kesehatan anda secara keseluruhan. Kebiasaan buruk ini akan sangat beresiko merusak ginjal karena dalam tidur malam sel-sel dalam tubuh akan mengalami regenerasi alami.

3. Minum Alkohol 

Minum alkohol terlalu berlebih bisa mengakibatkan kerusakan yang signifikan pada ginjal. Alkohol yaitu racun yang meletakkan banyak tekanan pada ginjal serta hati. Ketika anda minum minuman mengandung alkohol dalam jumlah yang tinggi, hal semacam itu mengakibatkan asam urat disimpan dalam tubulus ginjal, yang membawa pada obstruksi tubular. Hal semacam ini pada gilirannya tingkatkan resiko gagal ginjal. Diluar itu, alkohol mengakibatkan dehidrasi serta mengganggu fungsi normal dari ginjal.


4. Mengkonsumsi Garam yang Tinggi

Sodium yang terkandung dalam garam meningkatkan tekanan darah, artinya dapat memberikan tekanan pada organ ginjal. Oleh sebab itu jika seseorang terkena tekanan darah tinggi maka dianjurkan memeriksakan juga kondisi ginjalnya.


5. Konsumsi Softdrink dan Kopi Berlebih


Tidak dianjurkan untuk seseorang mengkonsumsi minuman ini secara berlebihan. Kandungan pengawet dan kafein akan meningkatkan resiko terkena penyakit pada ginjal dan mengganggu kinerja ginjal.
6.  Menahan Kencing dan Kurang Minum

Saat seseorang menahan kencing, maka ginjal dalam kondisi tertekan. Jika hal ini berlangsung lama dikawatirkan beresiko mengalami gagal ginjal. Serta perlu diperhatikan porsi konsumsi air perhari. Kurang minum air dapat menyimpan beberapa bahan kimia beracun dalam ginjal, racun yang terakumulasi di dalam darah akan merusak ginjal dan beberapa organ tubuh lain.
7. Kurang Gerak 
Kurang berolahraga atau aktivitas fisik juga bisa mempengaruhi kerja ginjal. Selain baik untuk kesehatan secara keseluruhan, olahraga juga dapat mencegah masalah pada ginjal. Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga yang cukup dapat mengurangi risiko masalah pada ginjal sampai 30 persen. 

8. Kurang Mengkonsumsi makanan yang Bervitamin
 
Orang yang kekurangan vitamin tertentu juga berisiko mengalami masalah pada ginjal. Seperti halnya kekurangan vitamin B6, di mana hal ini bisa menyebabkan batu ginjal. Untuk itu, anda disarankan untuk menerapkan pola makan yang sehat dan diet yang seimbang. Beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah kacang polong, hati sapi, ikan, dan kentang.
9. Memaksakan Diri saat Sakit untuk Bekerja

Seringkali seseorang yang sedang sakit akan memilih untuk bekerja karena merasa dikejar oleh deadline dan mengabaikan waktu beristirahat. Hal itu rupanya akan memperberat kinerja ginjal
10. Mengonsumsi obat tertentu
 
Kebiasaan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit diketahui juga dapat mempengaruhi fungsi ginjal. Anda harus tahu tentang efek samping dari obat-obatan yang anda konsumsi. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai efek samping dari obat-obatan yang anda konsumsi.
Pastikan ginjal anda sehat dengan melakukan medical check up rutin di Laboratorium Global Farma.

Hubungi 

Laboratorium Global (GOLAB)

Jl. A. Yani Km 6.6 No. 55

Kertak Hanyar Kab. Banjar KalSel

Telp: 0511-3276533


#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin
#Klinikglobal
#klinikglobalbanjarmasin
#klinikbpjs
#faskesbpjs 

#klinikkemoterapikalimantan  

#laboratoriumglobal
#laboratoriumglobalfarma
#laboratoriumklinikbanjarmasin
#golab

Mau Cek Lab ? GoLab aja.TEPAT !

0 komentar:

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB