Sunday, 14 February 2016


Peredaran darah sangat erat kaitannya dengan kerja dari jantung. Semakin baik kondisi jantung anda, maka peredaran darah di dalam tubuh anda juga menjadi semakin baik. Namun demikian, tidak semua orang memiliki kondisi peredaran darah yang normal dan dapat berfungsi dengan baik. Ada beberapa orang yang memiliki kelainan dan juga penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah mereka.Pada tubuh, sistem peredaran darah sering mengalami kerusakan, kelainan, maupun kegagalan fungsi. Berikut ini beberapa gangguan pada sistem peredaran darah manusia.

1. Hemofilia
Hemofilia merupakan salah satu kelainan pada darah, apabila tidak ingin disebut sebagai penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah. Hemofilia merupakan kondisi dimana darah mengalami kesulitan untukmelakukan proses pembekuan. Hal ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami pendarahan yang hebat dan tidak wajar, meskipun hanya mengalami luka kecil saja. Biasanya, penyebab hemofilia paling utama karena adanya faktor keturunan.

2. Anemia

Anemia adalah suatu kondisi tubuh yang terjadi ketika sel-sel darah merah (eritrosit) dan/atau Hemoglobin (Hb) yang sehat dalam darah berada dibawah nilai normal (kurang darah).Hemoglobin adalah bagian utama dari sel darah merah yang berfungsi mengikat oksigen. Jika seseorang kekurangan sel darah merah, atau hemoglobin yang normal, maka sel-sel dalam tubuh tidak akan mendapatkan oksigen yang cukup, akibatnya tumbullah gejala anemia.

3. Leukemia
Leukemia juga sering disebut dengan kanker darah. Hal ini dsebabkan karena memang terdapat sel kanker yang menyerang bagian darah yang mengalir di pembuluh darah, terutama sel darah putih. Hal ini menyebabkan terjadinya pertumbuhan dari leukosit yang tidak normal yang disebabkan oleh :
  • Virus karsinogenik
  • Adanya paparan zat radioaktif
  •  Alkohol dan juga merokok berlebihan
  • Infeksi zat kimia beracun
  • Faktor gen atau keturunan
4. Thalasemia
Thalasemia adalah penyakit gangguan pembentukan hemoglobin yang merupakan penyakit bawaan dari salah satu orangtua yang ditularkan kepada anaknya sejak masih dalam kandungan. Adapun gejala-gejala pada penderita thalasemia adalah anemia, pembesaran limpa, dan juga perubahan bentuk wajah (Fascies Cooley’s). 

5. Penyakit Jantung Koroner
Seseorang mengalami penyakit jantung koroner jika aliran darah ke jantungnya terhambat oleh lemak. Penimbunan lemak di dalam arteri jantung ini dikenal dengan istilah aterosklerosis dan merupakan penyebab penyakit jantunng koroner
Selain dapat mengurangi suplai darah ke jantung, aterosklerosis juga dapat menyebabkan terbentuknya trombosis atau penggumpalan darah. Jika ini terjadi, aliran darah ke jantung terblokir sepenuhnya dan serangan jantung pun terjadi. Faktor pemicu aterosklerosis meliputi kolesterol yang tinggi, merokok, diabetes, serta tekanan darah tinggi.

Laboratorium Global memberikan Pelayanan DETEKSI DINI atas penyakit penyakit diatas.
Hubungi
Lab.Global
Jl.A.Yani Km 6,6 No.55 Kertakhanyar
Kab.Banjar
Telp 0511.3276533

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB