Friday, 26 February 2016





Masyarakat awam masih asing dengan istilah ginjal bocor. Penyakit ginjal bocor di kedokteran juga tidak jelas, sebenarnya tidak ada penyakit ginjal bocor yang ada adalah Sindrom Nefrotik. Kondisi ini harus diwaspadai, karena masalah ginjal bocor dalam dunia kedokteran diartikan sebagai suatu kondisi yang ditandai dengan kumpulan gejala yang menyangkut mengenai kerja dari organ ginjal.

Sindrom nefrosis bisa mengenai orang dewasa atau anak-anak. Pada anak-anak, gejala ini biasanya terjadi pada usia 3-4 tahun. Sebagian besar anak-anak ini menderita bentuk sindrom nefrosis yang disebut minimal change disease, penyakit dengan perubahan minimal. Kebocoran pada ginjal disebabkan oleh kerusakan pada pembuluh darah kecil (glomeruli) di dalam ginjal yang memfiltrasi/menyaring kotoran dan kelebihan air dalam darah. Glomeruli yang sehat menjaga protein dalam darah (terutama albumin) yang dibutuhkan untuk memelihara jumlah cairan yang tepat dalam tubuh (dari penyerapan hingga pengeluaran) melalui urin. Jika rusak, glomeruli membiarkan jumlah protein dalam darah keluar dari tubuh melalui urin.

Untuk keadaan normal fungsi ginjal adalah untuk menyaring, sehingga protein tersebut tidak bisa keluar dari dalam tubuh, dan jika tubuh mengeluarkan protein dengan jumlah berlebih, maka secara otomatis kadar protein yang ada didalam tubuh juga akan ikut menurun.

Dan sifat albumin tadi adalah supaya bisa menahan cairan agar tidak keluar dari dalam pembuluh darah. disaat tubuh mengalami kekurangan albumin, maka cairan tadi akan dengan mudah merembes keluar dari dalam pembuluh darah dan pada akhirnya akan menyebabkan tubuh menjadi bengkak. Dan jika sudah begitu, maka tubuh kita akan mengalami penyesuaian akibat kekurangan asupan albumin. Dan salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memecah lemak dari semua tubuh, sehingga menyebabkan kolesterol tinggi. Jadi, gejala yang paling utama dari ginjal bocor adalah :
  1. Protein yang keluar dari dalam urine
  2. Kurangnya kadar albumin
  3. Tubuh membengkak
  4. Peningkatan kolesterol
Mari sayangi ginjal dan jangan lupa cek selalu kesehatan anda jika terjadi gejala-gejala seperti diatas mungkinkah ginjal anda bocor?

LABORATORIUM GLOBAL FARMA
Jl.A.Yani Km 6,6 No.55
Kertakhanyar Kab.Banjar
Kalsel
Telp :
0511.327.6533



1 komentar:

LABORATORIUM GLOBAL FARMA said...

Salam...
Trims sangat bermanfaat sekali

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB