Thursday, 25 February 2016

CRP atau C-Reactive Protein adalah protein plasma yang diproduksi oleh hati sebagai reaksi dari adanya infeksi, luka pada jaringan, dan proses inflamasi. Proses inflamasi merupakan proses reaksi tubuh terhadap adanya luka atau infeksi. Proses ini sebenarnya bermanfaat untuk mencegah infeksi namun seringkali proses inflamasi terjadi secara berlanjut dan menyebabkan gangguan pada organ-organ tertentu, contohnya pada jaringan sendi dan tulang yang menyebabkan arthtritis atau pada pembuluh darah yang menyebabkan atherosclerosis.

Kadar CRP di dalam tubuh akan meningkat dengan cepat bahkan hingga 1000 kali lipat, sekitar 6 jam setelah proses inflamasi terjadi. Inilah yang menyebabkan kadar CRP banyak digunakan sebagai indikator terjadinya proses inflamasi di dalam tubuh.

Dalam penelitian yang melibatkan sejumlah besar pasien, tingkat CRP tampaknya berkorelasi dengan tingkat risiko jantung. Bahkan, CRP setidaknya bertindak sebagai prediksi risiko jantung seperti kadar kolesterol. The Physicians Health Study, dalam percobaan klinisnya yang melibatkan 18.000 dokter yang tampak sehat, adalah studi besar pertama yang menunjukkan bahwa peningkatan kadar CRP dikaitkan dengan tiga kali lipat peningkatan risiko serangan jantung.

Karena komponen inflamasi dari aterosklerosis, peningkatan kadar CRP telah dikaitkan dengan penyakit kardiovaskuler. Namun, berdasarkan data yang tersedia saat ini tidak dapat dianggap sebagai faktor risiko independen untuk penentu penyakit kardiovaskular.

Faktor risiko lainnya untuk penyakit kardiovaskular, termasuk tekanan darah tinggi (hipertensi), diabetes mellitus, kolesterol darah tinggi, usia, merokok, obesitas, dan riwayat keluarga penyakit jantung mungkin berkorelasi dengan peningkatan tingkat CRP. CRP bisa digunakan sebagai prediktor penyakit kardiovaskular berdasarkan korelasinya dengan diketahuinya faktor risiko lain dari penyakit jantung dan perannya dalam pembentukan aterosklerosis. Pada individu dengan beberapa atau semua faktor risiko ini, peningkatan kadar CRP telah terdeteksi.  

Siapa Saja yang Perlu Melakukan Tes CRP?

Pada dasarnya, tes ini dapat dilakukan oleh semua orang. Tes ini dianjurkan pada orang-orang yang memiliki tingkat resiko tinggi terhadap penyakit jantung, yakni mereka yang pernah mengalami serangan jantung, memiliki keluarga dengan sejarah penyakit jantung, memiliki kadar kolesterol dan LDL yang tinggi, wanita yang sudah mengalami menopause, perokok, dan mereka yang menderta diabetes dan obesitas serta kurang melakukan aktivitas fisik.

Periksa kadar CRP anda! Hubungi kami.

Lab. Global
Jl. A. Yani Km 6,6 No.55 Kertak Hanyar
Kab. Banjar
Telp. 0511.3276533

#pemeriksaanlaboratoriumbanjarmasin
#pemeriksaanlabbanjarmasin 
#ceklabbanjarmasin 
#ceklaboratoriumbanjarmasin
#cekupbanjarmasin
#cekkesehatanbanjarmasin
#medicalchekupbanjarmasin

Diolah dari berbagai sumber

2 komentar:

Anonymous said...

Harga paket pemeriksaan untuk crp berapa ya bu ?

LABORATORIUM GLOBAL FARMA said...

Harga Pemeriksaan CRP sebesar Rp. 70.000
Selalu cek kesehatan anda ya , Salam Sehat.

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB