Wednesday, 20 January 2016


Penyakit gondok adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan adanya pembesaran di kelenjar tiroid. Bahasa kedokteran untuk penyakit ini adalah struma atau goitre. Penyakit ini sudah dikenali sudah cukup lama, bahkan sebelum abad pertama Masehi, ilmu kedokteran Cina sudah memberikan pengobatan berupa materi yang mengandung yodium.

Kelenjar tiroid adalah organ yang terletak di daerah leher yang terdiri dari 2 bagian besar yang dihubungkan oleh suatu “jembatan” yang dinamakan isthmus. Kelenjar ini memproduksi hormon tiroid yang berguna untuk dalam metabolisme dalam tubuh secara keseluruhan. Adanya gangguan pada kelenjar ini akan mengakibatkan banyak gejala. Secara garis besar ada 2 kelainan yang diakibatkan, yakni akibat peningkatan kerja hormon tiroid (hipertiroid) atau penurunan kerja hormon tiroid (hipotiroid). Jadi meskipun secara anatomi terjadi pembesaran kelenjar hormon, ada 2 keadaan yang dapat terjadi, yakni keadaan hipertiroid dan keadaan hipotiroid.

Gejala Penyakit Tiroid

Pada keadaan hipertiroid, keluhan yang muncul antara lain jantung berdebar, tremor, penurunan berat badan, nafsu makan meningkat, diare, bahkan dapat meningkatkan tekanan darah. Hormon tiroid berperan dalam mengatur metabolisme dan keluhan yang terjadi tersebut disebabkan meningkatnya metabolisme tubuh (hipermetabolisme). Keadaan ini dinamakan juga toksik, dan di masyarakat umum dikatakan menderita gondok beracun. Sedangkan pada keadaan hipotiroid, keluhan yang muncul bertolak belakang dengan keadaan hipertiroid. Keluhan yang dapat muncul pada keadaan hipotiroid antara lain penurunan nafsu makan, peningkatan berat badan, lemah lesu, konstipasi (BAB tidak lancar),dan kulit kering.

Penyebab Penyakit Tiroid

Penyebab penyakit struma beragam, namun paling sering (90,54 %) diakibatkan kekurangan yodium. Keadaan ini biasa terjadi pada daerah pegunungan dimana kekurangan garam. Selain itu kekurangan Selenium atau gangguan sistem imun merupakan penyebab penyakit struma lainnya.

Pemeriksaan Penunjang Penyakit Tiroid

Pemeriksaan hormon tiroid merupakan tindakan yang perlu dilakukan pada individu dengan adanya benjolan di leher yang disertai dengan keluhan yang telah disebutkan di atas. Pemeriksaa darah meliputi pemeriksaan T3, T4, fT4, dan TSHs. Hasil pemeriksaan ini dapat menunjukkan apakah penderita mengidap hipertiroid atau hipotiroid.

Pengobatan Penyakit Tiroid

Pengobatan yang diberikan adalah berdasarkan penyebab penyakit struma yang dialami pasien. Bila disebabkan kekurangan yodium, maka pemberian yodium dalam bentuk lugol sudah cukup. Namun jika disebabkan kelainan sistem imun (pada penyakit Grave’s atau Hashimoto thyroiditis), maka pengobatannya akan berbeda. Pengobatan operatif berupa tiroidektomi parsial atau komplit merupakan salah satu bentuk modalitas pengobatan lainnya. Pengobatan non operatif lainnya adalah dengan memberikan yodium radioaktif kepada pasien. Kelenjar tiroid akan menangkap yodium radioaktif ini sehingga dapat menghancurkan kelenjar tiroid yang membesar.
Penyakit ini dapat diobati dengan pengobatan yang teratur sehingga pasien dapat hidup menjalani kehidupannya sehari-hari. Ada yang mengatakan bahwa wanita yang mengidap gondok beracun tidak boleh hamil dan memiliki keturunan. Ini adalah pendapat yang SALAH. Dengan pengobatan yang teratur, para wanita tidak perlu mengkuatirkan hal ini lagi. Banyak penderita struma yang dapat berkarya seperti mantan presiden George Bush dan istrinya Barbara Bush adalah penderita struma. Kenali gejala dan tanda-tanda kecurigaan adanya penyakit Struma dan konsultasikan segera ke dokter Anda untuk mendapatkan pengobatan dini.

Referensi :
http://internis.org/penyakit-gondokan-struma-goitre
Effect of epoprostenol on the thyroid gland: enlargement and secretion of thyroid hormone.”. Division of Endocrinology, University of Minnesota, Chadha C, Pritzker M, Mariash CN.

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB