Monday, 25 January 2016


Kencing berdarah merupakan kecing yang mengeluarkan darah pada saat melakukan pembuangan air kecil. Kencing ini merupakan hadirnya sel darah merah atau di sebut juga dengan eritrosit. Kecing darah ini disebut juga dengan hematuria. Bagi penderita kencing darah ini pasti merasakan rasa yang tidak enak dan tidak nyaman. Darah yang ada di dalam urine berasal dari ginjal atau saluran kemih. Jika mengandung darah, urine yang muncul berwarna kecokelatan, merah, atau merah muda terang. Namun, darah dalam urine tidak selalu dapat terlihat dengan kasat mata karena pada beberapa kasus akan diperlukan pemeriksaan di bawah mikroskop. Berikut adalah beberapa kondisi umum yang dapat menyebabkan kencing darah.

Beberapa penyebab yang terjadi kencing berdarah

1. Terdapatnya infeksi pada saluran kemih

Pada infeksi saluran kemih terjdi karena bakteri yang akan memasuki saluran uretra dan akan berkembang biak di dalam kandung kemih. Bakteri ini pun dapat masuk ke dalam tubuh yang sedang lemah, bakteri ini bisa dapat menyerang ke bagian tubuh manapun. Penyebab pada infeksi ini adalah akan merasakan sakit dan akan merasa terbakar serta urine tersebut mempunyai bau yang sangat menyengat.

2. Terdapat infeksi ginjal

Penyakit ginjal ini bisa mengakibatkan sakit pada bagian sisi punggung bawah yang di barengi dengan rasa demam pada tubuh.

3. Terdapat penyakit batu ginjal

Bila Anda mengalami penyakit batu ginjal, maka tubuh Anda akan terasa sakit saat melakukan pembuangan air kecil dan dapat menyebabkan kencing darah. Batu ginjal ini merupakan hasil dari proses penggumpalan atau pengkristalan pada urin yang dapat menyebabkan lambatnya jalan urine

4. Pembengkakan kelenjar prostat

Penyakit ini biasanya akan dialami oleh laki laki yang sudah beranjak dewasa. Penyebab bisa mengakibatkan susah untuk melakukkan pembuangan air kencing.

5. Penyakit Kanker prostat

Penyakit kanker prostat ini akan menjadi kanker, jika di diamkan cukup lama. Biasanya penyakit ini akn dialami oleh laki laki yang sudah berusia pada 50 tahun keatas. Penyakit bisadapat hindarkan bila Anda melakukan hidup sehat dan bisa dapat di cegah jika kita masih muda.

6.Penyakit Kanker Ginjal

Penyakit kankerginjal ini bisa di sebabkan oleh siappun yang sudah memiliki usia 50 tahun keatas. Inilah yang bisa mengakibatkan kencing berdarah. Jika Anda ingin mengobati penyakit ini, obatilah dengan cepat, sebelum penyakit ini menyebar dan parah.

7. Terdapat peradangan pada saluran uretra

Peradangan terhadap saluran uretra adalah peradangan yang bisa terjadi akibat dari penyakit seksual. Hal ini lah yang menyebabkan kencing berdarah. 

8. Terdapat kelainan genetik

Terdapat kelainan genetik maksudnya adalah kerusakan pada hemoglobin terhadap sel darah. Penyebab kencing berdarah ini juga bisa di sebabkan oleh penyakit kelainan genetik ini yang bisa di sebabkan pada jaringan ginjal yang tidak normal dan ternyata bukan hanya sel anemia sel sabit saja, penyakit sindrom alpport juga bisa mempengaruhi.

9. Melakukan olahraga yang berlebihan

Olahraga adalah dimana setiap orang ingin lebih sehat, dengan cara berolahrag. Karena olahraga sangat lah penting untuk kesehatan tubuh kita. Tetapi jika melakukan olahraga yang berlebihan itu bisa mengakibatkan dehidrasi terhadap saluran kandung kemih.

 Sebaiknya jangan abaikan jika terdapat darah dalam kencing, kecuali pada wanita yang sedang haid. Kencing darah bisa merupakan pertanda ada masalah pada ginjal, saluran kencing, atau prostat Anda. Atau sebaliknya, bisa juga bukan kondisi serius. Untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan medis dan tes laboratorium.


Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB