Wednesday, 16 December 2015




Pengertian        :
Ureum adalah hasil akhir metabolisme protein, terutama yang berasal dari makanan. Berasal dari asam amino yang telah dipindah amonianya di dalam hati dan mencapai ginjal, dan diekskresikan rata-rata 30 gram sehari. 

Manfaat             :
Pemeriksaan ureum dipakai sebagai parameter tes fungsi faal ginjal.
Mendeteksi resiko Kondisi kadar urea yang tinggi (uremia). Penyebab yang tersering terjadinya uremia adalah gagal ginjal.
Penyebab uremia di ginjal mencakup penyakit atau toksisitas yang memengaruhi glomelurus dan microvaskularisasi ginjal atau tubulus ginjal.
Penyebab uremia yang lazim adalah :
a) Penurunan aliran darah ke ginjal (syok, kehilangan darah, dehidrasi). Peningkatan katabolisme protein (cedera fisik berat, luka bakar, hemolisis, perdarahan kedalam jaringan lunak atau rongga tubuh, demam).
b) Renal, gagal ginjal akut (glominuroflitis, hipertensi maligna, obat atau logam nefrotoksik, nekrosis korteks ginjal). Penyakit ginjal kronis (glomerulonefritis, pielonefritis, diabetes melitus, arteriosklerosis, amiloidosis, penyakit tubulus ginjal, penyakit kolagen-vaskuler).
c) Pascareal, obstruksi uretra oleh batu tumor, peradangan, kesalahan pembedahan, obstruksi leher kandung kemih atau uretra oleh prospat, batu, tumor, peradangan.

Persiapan pasien :
Tidak ada persiapan khusus tetapi diperbolehkan puasa selama 12 - 14 jam

Specimen :
serum atau plasma heparin.

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB