Thursday, 3 December 2015



Apakah Aterosklerosis Itu?
 
Aterosklerosis adalah kondisi di mana terjadi penyempitan dan pengerasan di dalam pembuluh darah arteri akibat pengendapan kolesterol dan zat-zat lemak lainnya.
Kadar kolesterol tinggi yang dibawa oleh darah lama-kelamaan akan menumpuk pada pembuluh darah arteri. Penumpukan kolesterol akan mengakibatkan Aterosklerosis, yaitu kondisi dimana tumpukan-tumpukan kolesterol tersebut akan mengendap dan mengeras serta dapat menyebabkan saluran pembuluh darah menjadi sempit. Sehingga peredaran darah dan oksigen dalam tubuh dapat terganggu. Kolesterol yang tinggi dan menumpuk pada pembuluh darah dapat menyebabkan saluran pembuluh darah menjadi kaku, tidak elastis, dan menyempit.
Endapan-endapan kolesterol yang mengeras dalam pembuluh darah tersebut sangat rapuh dan mudah pecah. Dinding pembuluh darah akan terluka jika endapan tersebut mengalami pecahan. Kemudian luka tersebut akan membentuk darah beku pada pembuluh darah dan rongga pembuluh darah akan semakin tersumbat. Sehingga bekuan darah dan penyumbatan pembuluh darah dapat berakibat stroke atau serangan jantung.
Sebelum terjadinya penyempitan arteri atau penyumbatan mendadak, aterosklerosis biasanya tidak menimbulkan gejala. Gejala awal dari penyempitan arteri yaitu berupa rasa nyeri dan kram akibat kebutuhan akan oksigen tidak tercukupi oleh aliran darah.
Jika penyumbatan pembuluh darah arteri terjadi secara mendadak, maka gejalanya akan muncul dengan tiba-tiba. Selain penumpukan kolesterol yang mengakibatkan Aterosklerosis, juga dapat menimbulkan penyakit-penyakit yang lainnya. Otak, jantung, ginjal, lengan, tungkai dan organ vital lainnya merupakan bagian-bagian yang dapat mengalami Aterosklerosis. Sehingga penyakit-penyakit yang mungkin terjadi akibat Aterosklerosis dapat berupa stroke, serangan jantung maupun gagal ginjal.

Kenali gejala Kolesterol sebelum terlambat !!
Anda bisa melakukan beberapa langkah untuk mengetahui gejala kolesterol dengan mengenali tanda-tanda kolesterol yang biasanya sering tidak membuat nyaman seseorang. Mengetahui tanda-tanda awal ini merupakan langkah awal anda mengantisipasi hal yang mungkin lebih buruk jika anda memiliki kesibukan yang menyebabkan anda tidak mempunyai waktu untuk memeriksakan kadar kolesterol di rumah sakit atau dokter.Berikut ini beberapa tanda-tanda kolesterol yang seharusnya anda waspadai karena merupakan indikasi tingkat kadar kolesterol yang tinggi.

  • Sering Kesemutan pada Kaki dan Tangan
Biasanya orang yang memiliki kolesterol tinggi sering mengalami kesemutan pada kaki dan tangan. Rasa kesemutan ini terjadi karena aliran darah yang tidak mencukupi pada syarat kaki dan tangan. Biasanya rasa kesemutan ini terjadi ketika seseorang sedang duduk dalam waktu yang cukup lama atau aktivitas lain yang melibatkan kaki dan tangan.

  • Cepat Pegal-Pegal di bagaian Tangan dan Kaki
Rasa pegal ini datang begitu saja meskipun tidak melakukan aktifitas yang berat atau membutuhkan tenaga yang cukup tinggi. Apabila hal ini sering terjadi pada anda maka waspadai gejala kolesterol tinggi ini.

  • Tengkuk dan Pundak Menjadi Tidak Nyaman
sering merasakan berat pada tengkuk tanpa sebab yang pasti. Tengkuk menjadi terasa berat meskipun tidak membawa beban, hal ini juga terjadi di pundak.

  • Sering Pusing
seringnya pusing pada bagian belakang kepala. Hal ini terjadi karena terjadinya penyempitan di pembuluh darah yang mengalirkan darah yang mengandung oksigen ke kepala. Bahaya yang timbul jika tidak segera diatasi adalah pecahnya pembuluh darah dan menyebabkan stroke.

  • Cepat Mengantuk
Orang yang sering mengantuk ditengarai memiliki kadar kolesterol yang tinggi, hal ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki kadar trigliserida tinggi. Hal ini sungguh tidak baik untuk kesehatan dan dapat menyebabkan penyempitan lemak jahat di pembuluh darah yang mengalirkan darah ke otak. Jika aliran darah ke otak terganggu maka asupan oksigen tidak mencukupi sehingga seseorang mudah merasa mengantuk dan malas untuk mengerjakan sesuatu.

  • Dada Sebelah Kiri Sering Nyeri
Nyeri pada dada sebelah ini terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah disekitar jantung. Jantung merupakan organ penting untu memompa darah untuk dialirkan keseluruh tubuh. Jika ada penyempitan disekitar jantung maka orang akan merasa seperti tertusuk dibagian dada sebelah kiri. Waspadai gejala kolesterol ini karena bisa menyebabkan gangguan jantung

Anda yakin 100% sehat ?
Pemeriksaan Laboratorium membantu anda menggambarkan kesehatan anda !!
Darah adalah cermin kesehatan. Selain membantu menegakkan diagnosis, pemeriksaan laboratorium darah sangat membantu dokter untuk memberikan gambaran tentang risiko seseorang. oleh karena itu, tidak ada salahnya kita juga sedikit mengenal beberapa parameter yang umumnya diperiksa untuk mengetahui penderita kolesterol tinggi.

Kolesterol Total. Ini adalah jumlah total kandungan kolesterol darah anda. Kolesterol diproduksi oleh tubuh sendiri dan juga datang dari asupan makanan yang kita konsumsi (produk hewani).
Low-density lipoprotein (LDL) alias si kolesterol “jahat”. Terlalu banyak LDL dalam darah menyebabkan akumulasi endapan lemak (plak) dalam arteri (proses aterosklerosis), sehingga aliran darah menyempit.
High-density lipoprotein (HDL) seringkali disebut kolesterol “baik” karena membantu membawa pergi LDL dari aliran darah untuk disimpan sebagai cadangan di dalam sel, menjaga pembuluh darah tetap terbuka dan lancar.
Trigliserida (TG). Trigliserida adalah tipe lemak lain dalam darah.

Segera cek kesehatan anda di Laboratorium Global Farma. Di tempat kami dapat melayani pemeriksaan laboratorium medis yaitu hematologi, kimia klinik, imunologi, feces, urinalisa, dll.

Promo untuk bulan ini untuk pemeriksaan laboratorium seperti Kolesterol total, HDL-cholesterol, LDL-cholesterol dan Trigliserida akan mendapatkan Analisa organ tubuh menggunakan Quantum Resonansi Magnetik dan Iridiologi
Buruan cek kesehatan anda ke Laboratorium Global Farma !!

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB