Wednesday, 16 December 2015





1. Pengertian :
Golongan darah adalah klasifikasi yang menentukan darah yang dimiliki dengan melihat jenis antigen yang terdapat pada permukaan sel darah merah yang diturunkan dari orang tua. Darah manusia dapat digolongkan menjadi ABO serta Rh(+) dan (-), berdasarkan ada tidaknya antigen A & B serta Rh pada permukaan sel darah merah.Fungsi utama pemeriksaan kedua golongan darah tersebut adalah untuk mencegah terjadinya inkompabilitas golongan darah pada saat transfusi yang dapat berakibat fatal.

2. Manfaat :
a. Mempermudah transfusi darah 
b. Menghindari penyakit jika terjadi perkawinan
Selain hemolisis, ada kelainan genetik lain yang juga mengancam ibu serta bayi yang dikandung. Terutama jika ibu berdarah rhesus negatif sedangkan suami berdarah rhesus positif. Masalah ini biasanya terjadi pada perkawinan antar bangsa. Mengetahui golongan darah akan mengurangi risiko berbagai penyakit.  
c. Membantu memantau diet Anda 
Pernah dengar diet berdasarkan golongan darah? Jika mengetahui golongan darah, maka akan mempermudah program diet Anda. Jenis darah tertentu lebih rentan terhadap diabetes dan penyakit jantung. Bahkan, ada jenis darah yang kompatibel hanya dengan makanan vegetarian. Beberapa orang perlu membatasi asupan karbohidrat karena kurang cocok dengan golongan darahnya.

Persiapan Pasien :
Pemeriksaan ini tidak memerlukan persiapan khusus

Spesimen  :
Darah
Sampel darah yang diambil dapat berasal dari darah kapiler (tanpa antikoagulan) atau dari darah vena (dengan antikoagulan EDTA)

Popular Posts

Kunjungi Web Official GOLAB